Sabtu, 23 November 2013

Resensi Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin






Cinta Yang TakMungkin

Oleh : Nanda RestuSantosa



Judul : Daun Yang JatuhTakPernahMembenciAngin

Pengarang: Tere-Liye

Penerbit : PT GramediaPustakaUtama

TahunTerbit: 2013

Tebal: 264 hlm ; 20 cm

Kategori : Non Fiksi
Harga: Rp.49.000





Tahukah kamu bagaimana rasanya cinta yang kau inginkan tak mungkin kau miliki? Hal ini terjadi kepada Tania terhadap malaikat bagi keluarganya.



Tania adalah anak kecil yang cantik,baik, memilikiTubuh yang proporsional,Rambutnya pun hitam legam nan panjang. Menurut seseorang “Mukanya bercahaya oleh sesuatu.Kecerdasan berpikir, kedewasan, dan penjelmaan positif atas semua pengalaman hidupnya dan matanya misterius. Tetapi di suatu sisi ia mempunyai sifat iri dan egois. Sifat itu pun muncul sejak ia mengenal perasaan itu, ya perasaan dia kepada malaikatnya, yaitu Danar.



Danar adalah pria yang baik hati, dewasa, tampan, gagah,perhatian dan sopan. Dia bagaikan malaikat bagi keluarga Tania, Ia hadir secara tak di sengaja, ia datang dan merubah segalanya kehidupan Tania,Danar pula yang dapat meluluhkan hati Tania.



Pertemuan antara Tania dan Danar berawal ketika Danar membantu Tania yang kesakitan tertusuk paku saat sedang mengamen di bus.Mulai dari hari itu, dan hari-hari berikutnya, Tania danDede adiknya sering bertemu dengannya, dan menjadi kakak beradik.Danar menjadi lebih dekat dengan Tania,Dede, danIbunya. Danar sering datang kerumah kardus Tania, tak lama kemudian kedekatan mereka pun membawa berkah bagi Tania dan keluarganya. Kehidupan mereka berubah menjadi seratus delapan puluh derajat,Danar pula yang membayar sekolah Tania dan Dede.Seiring berjalannya waktu Tania dan Dede tumbuh dewasa hingga Tania bersekolah di Singapore.Tiba-tiba perasaan itu pun muncul. Tak lama kemudian Danar memperkenalkan sosokwanita yang cantik sebagai calon istrinya, perasaan iri dan cemburu pun tumbuh dari dalam hati Tania.Sampai berlangsungnya pernikahan mereka, Tania tidak hadir dalam pernikahan tersebut.Danar pun kecewa,akhirnya komunikasi antara mereka berdua semakin merenggang.walaupun hubungan mereka tak sebaik dahului, Tania tetap masih peduli terhadap Danar secara tidak langsung melalui Dede.



Tania akhirnya berpikir tak mungkin ia selamanya menunggu cinta Danar karena ia sudah memiliki pendamping hidupnya. Tania akhirnya berusaha untuk melupakan Danar. Tetapi, pada suatu hari tak sengaja Dede melihat file-file yang ada di laptop Danar, ia melihat naskah novel yang sedang Danar rancang, novel tersebut menceritakan tentang Tania danDanar. Dede tidak memberitahu Tania akan hal tersebut.



Ratna adalah istri Danar, Ratna dan Tania menjalin hubungan dengan baik sebagai kakak beradik.Pada saat itu hubungan Ratna  dan Danar sedang tak selaras, Ratna menceritakan hal itu kepada Tania dan memohon untuk memberi pertolongan kepada Tania. Tania terkejut bagaimana mungkin ia membantu hubungan antara wanita itu dengan orang yang ia cintai. Akhirnya Tania kembali ke Indonesia, untuk membantu menyelesaikan masalah antara Ratna dan Danar .sesampainya di Indonesia, Tania singgah ketempa trumah kardusnya dulu yang disampingnya terdapat sebuah pohon linden, pohon linden itu sekarang tumbuh subur dan semakin indah. Tanpa ia sadari di ada Danar didekat pohon linden tersebut di tempat itulah keterus terangan antara Danar dan Tania,Tania tak menyangka akan hal tersebut, cinta mereka tak akan mungkin bersatu di karenakan Danar sudah menikah dengan Ratna dan ia sekarang dalam keadaan berbadan dua, akhirnya Tania memutuskan untuk pindah ke Singapore bersama Dede,sedangkan Danar tetap akan bersama Ratna dan bertanggung jawab dalam masalah rumah tangganya.





Pada buku ini disajikan cerita yang menarik, menggunakan bahasa yang ringan dan penuh motivasi.Tentang bagaimana seseorang yang memiliki nasib yang tidak beruntung mampu meraih kesuksesan di masa depannya, cover buku yang di cetak berkualitas dan judul novel yang di buat unik di lihat tetapi Cerita dalam buku ini memiliki alur yang mudah ditebak,Sebaiknya pada novel ini ditambahkan lagi bagian-bagian cerita yang dapat membuat pembaca penasaran agar ceritanya menjadi semakin menarik.

novel ini Dapat menjadi motivasi bagi para pembaca untuk tidak patahsemangat dalam meraih mimpi dan membuka sudut pandang pembaca terhadap cinta yang sulit untuk diungkapkan.novel ini cocok untuk kalangan remaja,maka dari itu buat para pencinta novel dan para remaja disarankan untuk membaca novel ini karena selain banyak kegunaannya tetapi juga mengasyikan.

4 komentar:

  1. resensi novel ini dibuat secara runtun dan menarik untuk dibaca dan bahasa yang di gunakan juga dapat dimengerti

    BalasHapus
  2. novelnya bagus banget, kayanya menarik. mau coba dehhhhhh makasih resensinya :)

    BalasHapus
  3. resensinya menarik, mengajak pembaca untuk membaca novel ini

    BalasHapus
  4. aduh saya jadi penasaran sama novelnya gara-gara membaca resensi ini, jadi pengen baca deh hihi

    BalasHapus